Saturday, November 2, 2013

Pengertian kriptografi

Suatu ketika, seorang penjahat kelas kakap berhasil tertangkap di sebuah rumah yang jauh dari pemukiman. Penjahat ini adalah seorang yang diduga terlibat aksi terorisme.

Penjahat kelas kakap ini akhirnya dimasukan ke penjara dengan pengawalan yang ketat. Dia terlihat kesal, kenapa polisi bisa melacak keberadaan dia dan berhasil membawanya ke tempat yang penuh dengan jeruji besi ini.
Baru Sebulan dia berada di jeruji besi, adiknya datang berkunjung untuk melihat keberadaan kakaknya. Hal ini dimaksimalkan penjahat ini untuk berfikir bagaimana mencari jalan keluar untuk kabur dari penjara. Siang hari tiba, adiknya datang dengan membawa rantang makanan. Seketika itu pula penjahat ini makan dan segera mengembalikan rantang tersebut. Karena waktu dibatasi untuk berkunjung, adiknya segera pulang dengan rantang tersebut. Sebelum keluar, adiknya diperiksa oleh penjaga termasuk isi rantang tersebut. Ternyata penjaga tersebut menemukan sebuah tulisan, tapi tidak dimengerti oleh penjaga dan membiarkan adiknya pulang. Sesampai di rumah rantang itu dibuka, makanan itu terlihat masih utuh sebagian dan terlihat ada yang tulisan dari saus di atas nasi rantang tersebut :
"EDQWX DNX NHOXDU PDODP LQL"
Pesan itu adalah sebuah pesan Kriptografi. “Crypto” berarti “secret” (rahasia) dan “graphy” berarti “writing” (tulisan). Cryptography adalah sebuah kumpulan teknik yang digunakan untuk mengubah informasi/pesan(plaintext) kedalam sebuah teks rahasia (ciphertext) yang kemudian bisa diubah kembali ke format semula. Format Penulisan Kriptografi : Plaintext -- Enkripsi -- Chiperteks -- Dekripsi -- Plaintext Plaintext (pesan) :
"BANTU AKU KELUAR MALAM INI" disamarkan (enskripsi) menjadi :
"EDQWX DNX NHOXDU PDODP LQL" Penerima pesan men-dekripsi chiperteks dengan menggunakan tabel substitusi : Tabel substitusi: pi : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z ci : D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z A B C sehingga chiperteks : "EDQWX DNX NHOXDU PDODP LQL" dapat dikembalikan menjadi Plaintext semula : "BANTU AKU KELUAR MALAM INI"

No comments:

Membuat rangkaian sederhana LED menggunakan livewire

selamat datang di blog saya lagi prasetyomanan@blogspot.com kali ini saya akan memposting bagaimana cara membuat rangkaian LED menggunakan ...